Paper Tugas Akhir PJJ

PAPER TUGAS AKHIR

PENDIDIKAN JARAK JAUH

PERAN  MEDIA KOMPUTER DAN PERANGKAT MOBILE DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH

 

Disusun oleh:

Sandru Kharisma

Dosen:

Timbul Pardede

­­­

pjj1

JURUSAN DIPLOMA-4 TEKNIK KOMPUTER JARINGAN MEDIA DIGITAL

SEKOLAH TINGGI ELEKTRONIKA INDONESIA

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (TKJMD STEI ITB)

2013

 

A.     Pengertian Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Web/Online

Pengertian pembelajaran jarak jauh adalah ketika proses pembelajaran tidak terjadinya kontak dalam bentuk tatap muka langsung antara pengajar dan pembelajar. Komunikasi berlangsung dua arah yang dijembatani dengan media seperti komputer, televisi, radio, telepon, internet, video dan sebagainya.

Pembelajaran konvensional dan pembelajaran jarak jauh menekankan bahwa (distance education) akan efektif jika pembelajar merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar dengan adanya komunikasi. Tanpa komunikasi timbal balik pembelajaran akan berubah menjadi indoktrinasi, belajar bukannya merupakan aktivitas menyenangkan, melainkan menjadi beban yang berat.

B.      Penggunaan Komputer dalam Proses Pembelajaran

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya perkembangan teknologi komputer dengan internet, yang sangat pesat, berpengaruh terhadap berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh. Internet menjadi media yang sangat tepat dalam pembelajaran jarak jauh karena mampu menembus batas waktu dan tempat atau dapat diakses kapan saja, dimana saja, multi user dan memberikan kemudahan. Dengan teknologi ini informasi dan materi pembelajaran menjadi cepat sampai.

pjj2

Ada beberapa keterampilan yang diperlukan seorang pengajar dalam menggunakan multimedia komputer (Bramble et. al. 1885), yaitu:

1)      Pengoperasi dan pemeliharan hardware

Pengajar perlu mengetahui cara mengoperasikan komputer yang digunakannya, termasuk pengetahuan komponen-komponen penting dalam sebuah komputer serta fungsi-fungsinya. Pengajar pun perlu mempunyai pengetahuan tentang masalah-masalah atau kerusakan yang timbul dari komputer tersebut (troubleshooting) dan melakukan perbaikan-perbaikan kecil (minor repair)

2)      Pengetahuan tentang pemilihan software pembelajaran.

Pengajar perlu mempunyai pengetahuan tentang pemilihan software yang sesuai untuk pembelajaran, apalagi saat ini semakin banyak software pembelajaran yang dikeluarkan di pasaran.

3)      Integrasi pembelajaran melalui komputer dalam kurikulum

Pembelajaran melalui komputer memerlukan banyak pilihan pembelajaran seperti tutorial, penyelesaian masalah, dan sebagainya. Pengajar perlu mengetahui dan menentukan pilihan tersebut dalam pembelajaran dan kurikulum.

4)      Teknik-teknik pembelajaran menggunakan komputer

Pengajar perlu mengetahui cara melaksanakan proses pembelajaran melalui komputer dengan software yang digunakannya. Pengajar perlu memahami perbedaan peranannya di dalam pembelajaran yang menggunakan komputer dibandingkan dengan pembelajaran konvensional secara tatap muka. Dalam pembelajaran yang menggunakan komputer, pengajar berperan dalam pengelolaan, ‘supporting agent’ dan membantu (facilitate) atau sebagai fasilitator bagi pembelajar selama komputer digunakan dalam pembelajaran. Pengajar perlu selalu mengawasi untuk memastikan semua aktivitas pembelajar berjalan sesuai dengan rencana sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Pengajar perlu mengetahui peran komputer yang dapat membantunya dalam proses pembelajaran. Misalnya, pengajar perlu menghasilkan alat bantu mengajar sendiri dengan menggunakan software komputer, menggunakan kemudahan ‘word processing’ dan sebagainya.

5)      Peka dengan perkembangan teknologi terkini (up to date)

Pengajar harus peka dengan perkembangan teknologi terkini dan produk-produk terbaru di pasaran, terutama untuk memperluas wacana dan wawasannya tentang perkembangan teknologi informasi dan teknologi pembelajaran terkini.

pjj3

Media Komputer memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gambar, gerak, dan suara, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Selain itu computer juga bisa di koneksikan ke internet, sehingga dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber informasi tanpa batas. Salah satu alat populer yang digunakan adalah LCD (Liquid Crystal Display) proyektor sebagai media untuk menampilkan presentasi menggunakan power point, flash dan sebagainya.

Penggunaan media komputer sebagai media pembelajaran dapat dibagi dalam tiga jenis yaitu sebagai media proyeksi presentasi untuk membantu dalam perkuliahan klasikal atau ceramah yang umumnya menggunakan software power point. Yang kedua sebagai media assistant instructional yaitu penggunaan komputer dalam perkuliahan sebagai bagian dari materi atau alat utama materi perkuliahan. Sebagai contoh adalah kegiatan perkuliahan komputer grafis pasti membutuhkan komputer yang langsung digunakan oleh peserta kuliah maupun pengajar dalam kegiatan teori maupun praktik. Jenis yang ketiga adalah suplemen yaitu berbentuk CD interaktif atau video instruksional.

C.      Penggunaan Media Komputer Pada Pendidikan Jarak Jauh

Penggunaan media komputer untuk Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) erat sekali kaitannya dengan internet. Pendidik dan Peserta didik dapat saling terhubung dengan adanya komputer yang terhubung ke internet. Pada jaringan internet ada banyak cara kita gunakan untuk bisa saling berkomunikasi, diantaranya yaitu social media, blog, ataupun Video Comference. Sekarang pendidik dan peserta didik bisa saling bertatap muka didunia maya dengan menggunakan webcam yang ada pada komputer/laptop masing-masing. Contoh aplikasi yang kita gunakan yaitu google hangout. Tidak hanya 1 orang yang dapat menggunakan video call, tetapi google hangout juga menyediakan group video call. Dimana maksimal yang terhubung dalam group yaitu 10 orang.

pjj4

Dengan google hangout peserta didik tidak hanya bisa terhubung melalui komputer saja tetapi juga bisa terhubung melalui perangkat mobile seperti smartphone (Android OS, Iphone, Blackberry) misalnya saja seperti gambar dibawah ini:

 pjj5

Tidak hanya google hangout, edmodo juga bisa diakses dan saling terhubung menggunakan perangkat mobile:

 pjj6

Daftar Referensi

Wanbarca, 30 April 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online/Web. Retrived july 2013, from http://id.scribd.com/doc/71014764/PJJ-TIK-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Berbasis-Online-Dan-WEB

Anonymous, 11 Setember 2012, Edmodo Iphone Apps. Retrivied july 2013. From http://blog.edmodo.com/2010/06/25/edmodo-iphone-app/

Commonwealth of learning, 2010. Teacher Education through Open and Distance Learning. Retrived july 2013, from http://www.col.org/publicationdocuments/pub_ps_teachered_ web.pdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s